Jumat, 13 Desember 2013

Empat Keanehan Sponsorship Barcelona

Ada Logo Di Balik Kaus
Barcelona baru saja mengumumkan kerjasama mereka dengan Intel, perusahaan pembuat chilp silikon asal Amerika Serikat. Kesepakatan kerjasama ini tentu bakal menguntungkan kedua belah pihak.

Di satu sisi Barcelona mendapatkan tambahan dana segar, sedangkan di pihak lain Intel mampu memperkuat brand image-nya di masyarakat.

Namun tahukah Bolanetters bahwa sponsorship Barcelona, tidak hanya Intel, diwarnai dengan beberapa fakta unik? KIta dapat menemukan setidaknya ada empat fakta unik dibalik beberapa nama perusahaan atau organisasi yang pernah menghiasi kostum kebanggaan klub asal Catalan tersebut.

Penasaran? Mari kita simak satu persatu.

  1. Mendobrak Tradisi
    111 tahun sebelum kedatangan Qatar Foundation ke markas besar Barcelona di Camp Nou, jersey Los Azulgranas selalu bersih dari embel-embel sponsor atau perusahaan apapun yang memiliki kepentingan komersial dengan klub.

    Namun semua itu berubah di tahun 2010 ketika pihak El Barca akhirnya menandatangani kontrak kerjasama dengan Qatar Foundation, perusahaan non-profit asal Qatar yang didedikasikan untuk pengembangan teknologi informasi dan pendidikan di yang bersangkutan.

    Qatar Foundation akan menghiasi jersey Barca hingga tahun 2016 dan per tahunnya, klub akan mendapatkan dana segar senilai 25 juta poundsterling dari kesepakatan ini.
  2. Bukan Dibayar Malah Membanyar
    Itulah yang terjadi kala Barcelona mencapai kata sepakat dengan salah satu organisasi anggota PBB, Unicef. Tepatnya di tahun 2004, klub setuju untuk mengikutsertakan nama organisasi yang mengurusi masalah anak sedunia itu di jersey kebesaran mereka.

    Menariknya, tidak seperti kontrak sponsorship lainnya, Barcelona bukannya mendapatkan uang, malah kehilangan dana. Menurut laporan The Mirror, El Barca justru menyumbangkan 1,5 juta poundsterling per tahun untuk digunakan sebagai dana penyokong proyek kemanusiaan di berbagai belahan dunia.
  3. Sukses Tapi Berhutang
    Mungkin kedengarannya cukup aneh, namun ternyata Barcelona memiliki utang yang cukup besar pada berbagai pihak. Laporan dari The Mirror menyebutkan bahwa klub Catalan itu memiliki tanggungan tak kurang dari 430 juta Euro.

    Hal ini tentu cukup mengherankan, mengingat di beberapa tahun terakhir prestasi Barca di berbagai ajang cukup istimewa. Selain menjadi juara di Liga Champions beberapa kali, mereka juga kerap kali menembus babak akhir di kompetisi antar klub Eropa tersebut. Bahkan di La Liga, Lionel Messi dkk terus menjadi tim yang paling dominan dalam memperebutkan gelar juara. 
  4. Ada Logo Di Balik Kaus
    Tidak seperti kebanyakan sponsor lainnya, Intel justru ingin logo perusahaan mereka dipampang di balik kaus klub, alih-alih di depan. Mungkin hal tersebut selaras dengan motto 'Intel Inside'. Namun coba bayangkan, berapa kali pemain membuka bagian dalam jersey mereka di sebuah laga?

    Namun rupanya hal tersebut sudah dipikirkan oleh phak Intel. Melalui staff marketingnya, mereka berharap pemain Barca akan bisa menunjukkan logo tersebut kala mereka mencetak gol.

    "Kami tidak ingin membuat para pemain berada di bawah kewajiban yang mengharuskan mereka untuk menunjukkan logo selama beberapa kali, namun kami tahu bahwa perayaan gol seperti itu sudah menjadi bagian besar dari budaya olahraga," jelas Deborah Conrad, menurut laporan yang dilansir oleh The Mirror.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar